Saturday, February 9, 2008

rising force online

RF Online
02 Maret 2006
oleh Basuki Wirawan

Game Info
Platform : PC Game
Publisher : Codemasters
Developer : CCR, Inc
Genre : MMORPG
Release Date : 21 Februari 2006

RF Online, kepanjangan dari Rising Force Online, adalah game yang tahun lalu sangat sukses di Korea dan China. Jutaan player tertarik dalam dunia bernama Galaksi Novus yang kemudian bergabung dalam 3 faksi yang ada. Dan sekarang Codemasters, publisher yang telah mengambil lisensi RF Online, tengah menyelesaikan pengembangan untuk kawasan Eropa dan Amerika Utara. RF Online sendiri adalah game yang memadukan elemen RPG fantasi dengan sentuhan science fiction futuristis di mana karakter petarung di sini berpakaian ala robot.

Ketika Anda membuat karakter baru di game, nantinya bakal disediakan pilihan faksi apakah Bellato Union, Holy Alliance Cora, atau Accretia Empire. Penjelasan masing-masing faksi sebagai berikut:

The Bellato Union dapat memanfaatkan mecha berarmor dan bersenjata berat untuk membantai lawan-lawannya. Secara fisik mereka kuat dan pintar, tapi karena pengaruh gravitasi yang besar di planet asalnya membuat faksi ini memiliki tubuh kecil. Meskipun begitu, kepintaran Bellato dimanfaatkan untuk berdagang dan mengumpulkan sumberdaya.

The Holy Alliance Cora adalah peradaban yang mengutamakan kehidupan spiritual, karena itu mereka berperang dengan memanfaatkan kekuatan magis yang mereka punya dan juga senjata tradisional yang katanya diberkati oleh Dewa mereka yang bernama Decem. Kalo melihat dari penampilan, faksi ini memiliki bentuk kayak ras Elf di game RPG fantasi dan nantinya Cora dapat memanggil makhluk magis untuk bertarung bersamanya.

Accretia Empire adalah faksi yang dari sananya udah berbentuk robot, mereka juga memiliki pengetahuan senjata yang lebih canggih daripada kedua faksi yang lain. Pengetahuan mekanika yang mereka miliki mampu menjadikan Accretia sebagai faksi terkuat karena mereka dapat mentransformasi tubuh robotnya menjadi sebuah senjata yang sangat kuat.

Karakter RF Online Anda akan muncul di spot yang udah disesuaikan menurut faksinya masing-masing, dan spot itu pun mengelilingi suatu lokasi yang disebut Core Mine. Dari situ Anda pun memulai aktivitas MMORPG standar seperti hunting dan leveling, selain aktivitas itu ada suatu waktu di mana Anda dapat berpartisipasi dalam perang yang terjadi di Core Mine. Nah, faksi yang memenangi perang ini diberi kesempatan untuk mengumpulkan material yang ada di situ tiap harinya. Dengan begini setiap player di dalam RF Online termotivasi untuk turut serta.

Pemenang perang dalam Core Mine tidak selalu ditentukan dari siapa yang berhasil bertahan hidup, tapi bisa juga dengan memenangkan chip war. Sebelum berperang, setiap faksi dibuatkan chip unik yang mana mereka mesti menjaganya dan menghancurkan milik lawannya. Mekanismenya memang rada mirip dengan beberapa MMORPG di Indonesia, seperti Ragnarok Online (War of the Emperium), RYL (Battle Lohan), dan Tantra (Kala Core).

Setiap faksi (tentunya) akan memiliki spesialisasinya sendiri-sendiri. Kalo dikelompokan, akan ada karakter yang spesialisasinya bertarung jarak dekat, dan ada juga yang jarak jauh. Dan perang di RF Online nggak memiliki fitur auto attack, sehingga Anda nggak cuma diam memperhatikan karakter Anda bertarung sambil menunggu item yang jatuh. Masing-masing karakter memiliki beberapa hotkey untuk mengeluarkan kemampuan khusus.

Ada satu kelebihan lain yang dimiliki game ini. Menurut developer Korea, CCR Inc., mereka mendesain sedemikian rupa sehingga RF Online dapat dimainkan di komputer berspesifikasi rendah. Itu didasari dari riset yang menyatakan bahwa gamer-gamer di Korea lebih senang bermain game online di gamecenter daripada bermain di rumahnya. Meskipun begitu, kualitas tampilan yang dimiliki RF Online nggak kalah dengan MMORPG sekelas Lineage 2 atau City of Heroes. Dan gamer yang memiliki komputer berteknologi lebih canggih justru nggak percuma. Pasalnya engine grafis game ini bisa menyesuaikan dengan teknologi yang ada sehingga tampilan lingkungan lebih subur dan model karakter lebih indah.

No comments: